Senin, 10 Oktober 2011

PENGENALAN FITUR-FITUR BARU YANG TERDAPAT PADA VB.NET

VB.NET sendiri merupakan bahasa pemrograman yang terdapat dalam Visual Studio .NET untuk mendukung rencana Microsoft ke depan dalam platform .NET-nya.. Bisa dikatakan VB.NET sebagai bahasa pemrograman yang telah cukup matang menjadikan VB.NET menjadi bahasa pemrograman yang akan menjadi pintu gerbang bagi banyak kalangan developer dalam platform Microsoft yang baru.

Microsoft Visual Basic .NET adalah pengembangan lebih lanjut dari bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 yang dikenal dengan kemampuan Rapid Application Development dan mengimplementasikan konsep OOP (Object Oriented Programming) secara penuh. Visual Basic .Net merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang memiliki fitur seperti abstraction, encapsulation, inheritance, polymorphism, dan juga termasuk penambahan keyword Class untuk mendefinisikan kelas-kelas dan keyword Inheritance untuk objek Inheritance. Microsoft VB.NET dirilis untuk mempernbaiki kekurangan pada visual basic seperti :

oo .Tidak memiliki kemampuan multi-threading, yakni kemampuan yang memungkinkan suatu tugas dapat dijalankan pada thread terpisah.

oo .Kurangnya dukungan pemrograman berorinteasi objek

oo .Terbatasnya kemampuan menangani error

Sebagai tambahan VB.Net juga menyediakan fitur-fitur yang lebih baik dan tidak ada pada versi sebelumnya seperti multithreading dan structured exception handling. Hasil coding pada Visual Basic versi sebelumnya tidak bisa dikompilasi pada Visual Basic .NET tanpa modifikasi yang signifikan, namun kita tidak perlu kuatir, karena Microsoft menyediakan tools untuk migrasi untuk menangani hal tersebut.

Fitur-Fitur baru yang terdapat pada VB.NET

Dengan dirilisnya .NET platform, Visual Basic telah microsoft telah membuat beberapa perubahan sbb:

Pemrograman Full Object-Oriented (OOP) sepenuhnya.Pemrograman berorientasi objek. Pemrograman ini mempertinggi kualitas dan produktifitas pengembangan software. Program pengembangannya dilakukan dengan pendekatan building block. Setiap block, disebut object, bersifat independen dan mampu berjalan sendiri atau saling kunci dengan object lain dengan mudah dan otomatis.

Object-object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya. Masing-masing object harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri(encapsulation) dan object yang dapat diwariskan (Inheritance).

Aplikasi dan komponen yang ditulis di Visual Basic .NET memiliki akses penuh untuk .NET Framework sebagai class library yang menyediakan system dan application services.

Berikut adalah fitur-fitur kunci Visual Basic .Net :

1. Inheritance ( Pewarisan )

Inheritance adalan kemampuan dari derived class untuk mendapat karakter seperti anggota-anggota data maupun anggota function dari base class. Menggunakan VB .Net kita dapat membuat kelas yang kemampuan dasarnya dapat diwarisi kelas lain yang menjadi anggota kelas tersebut. Sebuah kelas yang mendapat atau diwarisi karakter dari kelas lain disebut derived class, dan kelas yang mewarisi derived class disebut base class Dalam istilah pemrograman berorientasi objek base class di sebut superclass dan derived class disebut subclass.

2. Constructor dan Destructor

Constructor adalah sebuah special tipe dari method yang dipanggil ketika pembuatan kelas. Constructor digunakan untuk mengenali anggota dari kelas. Destructor, dilain pihak dipanggil ketika objek dihancurkan destructor tersebut akan melepaskan sumber daya yang digunakan oleh sebuah objek.

3. Overloading

Overloading memperbolehkan sebuah method didefinisikan dengan nama yang sama tetapi berbeda parameter. Dengan kata lain, memperbolehkan kita mempunyai multi implementasi dalam sebuah method.

4. Overriding

Overriding adalah kemampuan dari kelas yang diberi karakter untuk menolak karakter dari base classnya. VB .Net memperkenalkan kata kunci Overrides untuk mengimplemantasikan anggota di kelas derived.

5. Structired Exception Handling

Exception adalah error yang muncul pada saat runtime sebagai hasil dari kesalahan statement kode ataupun dari keadaan yang tidak diinginkan dari sebuah aplikasi. Untuk sebuah program VB .Net mendukung structured exception handling untuk menangani exceptions yang memproteksi kode dan menyaring exception yang bisa muncul saat program dijalankan

6. Multithreading

VB .NET mendukung untuk pembuatan aplikasi multithreading. Multithreading membuat aplikasi menjalankan beberapa thread pada saat program tersebut dijalankan dengan melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam satu waktu.

Selain fitur kunci yang telah di sebutkan tadi VB .NET juga mendukung fitur yang unik disebut Background compilation. Fitur ini lagsung mengenali error dan menampilkan dalam bentuk pesan error pada kode ketika programmer menulis kode.

Beberapa template yang dapat digunakan:
>> Windows Application
Aplikasi standar berbasis window

>> Class Library
Pustaka kelas menyedikan fungsionalitas yang sama seperti Microsoft ActiveX dynamic–link library (DLLs) dengan membuat kelas-kelas yang dapat diakses aplikasi lain

>> Windows ControlLibrary
Yaitu fungsi yang sama dengan ActiveX Control (.ocx) dalam pemrograman VB6, anda dapat membuat kontrol sendiri dan memasukan fungsi yang anda butuhkan.

>> ASP .NET Web Service
Aplikasi Web yang menyediakan XML Web Service yang diletakan di Web server dan dapat diakses oleh aplikasi manapun.

>> Web Control Library
Web kontrol yang dapat anda buat sendiri, dapat digunakan pada halaman Web dengan cara yang sama juga dapat digunakan pada Aplikasi berbasis window

>> Console Application
Aplikasi berbasis console yang dapat berjalan didalam Command line

>> Windows Service
Aplikasi yang berjalan sebagai service di windows.


Masing-masing Project memiliki file yang unik pada setoiap project. Untuk menyederhanakan pengaturan, file-file tersebut disimpan pada folder yang sama dengan project

*. Solution (.sln, .suo )

Ekstensi .sln digunakan untuk file solution yang menghubungkan satu atau lebih project bersamaan, dan juga digunakan untuk menyimpan informasi global. File ini sama seperti Visual Basic groups (.vbg file) di versi VB sebelumnya. File Solution otomatis dibuat pada project Visual Basic .NET yang anda buat. File yang berekstensi .suo digunakan untuk file Solution User Option yang menyimpan record seperti breakpoints serta beberapa item task dan beberapa perubahan yang anda buat ketika membuka solution.

*. Project (.vbproj)

File Project adalah sebuah dokumen XML ( Extensible Markup Language ) yang berisi referensi terhadap berbagai item project, seperti form dan kelas-kelas.

*. Lokal Project (.vb)

Versi sebelumnya dari VB menggunakan estensi file yang berbeda untuk membedakan antara kelas (.cls), form (.frm), module (.bas) dan user control (.stl). VB.NET mengizinkan anda untuk mencampurkan berbagai tipe menjadi sebuah .vb file. Sebagai contoh , anda dapat membuat lebih dari satu item dalam file yang sama, didalamnya anda dapat memiliki sebuah kelas dan beberapa modul, sebuah form dan sebuah kelas ataupun beberapa kelas dalam file yang sama.

*. Web Project (.aspx,.asmx,.asax)

Web project menyimpan item-item mereka dalam Virtual Ditrectory pada Web Server dan dalam keadaan offline. Seperti local project , Web project juga menggunakan extensi .vb untuk kelas dan modul. Bagaimanapun, item Web project meliputi file Web-specific, seperti . aspx untuk Web Forms, . asmx untuk XML Web Services, dan . asax untuk kelas aplikasi global.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar